Kompetisi Wuling BinguoEV vs Neta V membawakan persaingan mobil listrik stylish dengan harga yang terjangkau dan fitur berlimpah. Bagaimana komparasi keduanya?
Wuling BinguoEV dan Neta V merupakan pendatang baru di segmen city car listrik
Wuling BinguoEV datang sebagai line up terbaru Wuling di segmen kendaraan listrik. Memiliki dimensi dan segmen pasar yang sama dengan Neta V, kedua mobil ini bersaing dalam hal fitur dan desain stylish untuk menyasar generasi muda. Berikut beberapa perbandingan Wuling BinguoEV vs Neta V yang ditawarkan bagi konsumen Tanah Air.
Eksterior
Secara garis besar, kedua mobil menawarkan tampilan yang stylish untuk menyasar segmen generasi muda. Termasuk kehadiran warna-warna cerah yang berbeda dari mobil kebanyakan, biasanya hitam dan putih.
Menariknya, kedua mobil sama-sama menempatkan baterai pada bagian kap depan, tak terlalu berbeda dibandingkan dengan kendaraan konvensional. Begitu pula sistem pengisian bahan bakar terletak pada fender depan.
Dimensi keduanya tak jauh berbeda, dengan panjang sekitar 4 meter, lebar 1,7 meter, dan tinggi sekitar 1,5 meter. Namun perbedaannya terdapat pada wheelbase BinguoEV yang lebih panjang 140 mm dibandingkan Neta V dengan keseluruhan panjang 2.420 mm. Mengindikasikan ruang kabin BinguoEV lebih lega dibandingkan V.
Interior
Mungkin perbedaan paling besar bisa terlihat pada bagian dalam. Dimana interior Neta V lebih kompak dan menghadirkan kesan elegan dengan warna hitam pada keseluruhan ruang kabin, mulai dari jok, dashboard, dan panel pintu.
Pengaturan 4-seater dari jok berbahan kulit sudah didukung dengan teknologi zero gravity yang diklaim mampu meningkatkan kenyamanan selama berkendara. Tidak ada tuas transmisi konvensional, perpindahan gigi dilakukan melalui Electronic Shifter. Pengguna juga harus membiasakan diri beradaptasi dalam pembaruan ini.
Sedangkan BinguoEV terlihat lebih stylish dengan campuran warna mentereng yang tak kalah dibandingkan eksteriornya. Sama-sama menggunakan 4 bangku di dalam kabin, namun mobil kursi pengemudi sudah memiliki pengaturan elektrik 6-arah.
Perbedaan lainnya terdapat pada head unit, dimana Neta menggunakan layar sentuh bergaya vertikal yang mirip dengan mobil Tesla. Sementara BinguoEV menggunakan dua layar berukuran 10.25 inci untuk head unit dan kluster instrument di depan kemudi.
Fitur
Kedua mobil sudah mendapatkan deretan fitur berkendara, misalnya sistem pengereman ABS dan EBD, Electronic Stability Control, kamera mundur, dan rem parkir elektrik. Tak kalah dibandingkan dengan mobil baru konvensional yang dipasarkan saat ini.
Fitur yang ditawarkan hampir sama
Satu fitur unggulan yang diberikan oleh Neta V yaitu AC yang sudah dilengkapi dengan teknologi HEPA N95. Teknologi ini diklaim mampu membantu membersihkan udara di dalam kabin sepanjang perjalanan.
Khusus bagi pengguna BinguoEV mendapatkan Floating Island Center Console serta empat mode berkendara, yaitu ECO, ECO+, Normal, dan Sport. Untuk mendukung perjalanan, Wuling memberikan 4 full-range speakers dan kepraktisan yang lebih baik dengan total 15 kompartemen di dalam kabin.
Daya Jangkau
Neta hanya dipasarkan dalam satu pilihan varian saja, yaitu model dengan baterai berkapasitas 401 kilometer, mengeluarkan daya tenaga maksimal 94 PS serta torsi puncak 150 Nm. Bisa dibilang sudah cukup pas untuk sebuah city car.
Sementara BinguoEV memiliki pilihan baterai dengan daya jangkau yang berbeda, yaitu 333 km dan 410 km. Kedua varian bisa menjadi pembeda, dimana tipe 333 km kemungkinan besar ditawarkan dengan harga yang lebih rendah.
Harga
Harga Neta V dibanderol mulai dari Rp379 jutaan. Harga yang ditawarkan cukup rendah dibandingkan mobil listrik lainnya di Indonesia. Neta memberikan garansi baterai selama 8 tahun atau 180.000 kilometer.
Sedangkan belum ada informasi detail mengenai harga Wuling BinguoEV. Namun berbagai media menyebutkan bahwa mobil ini nantinya akan dipasarkan dengan harga berkisar dari Rp350 jutaan hingga Rp450 jutaan.
Bagi konsumen yang melakukan pemesanan selama masa pre-booking, Wuling Motors memberikan garansi seumur hidup untuk komponen listrik, seperti baterai, drive motor, dan motor control unit yang berguna untuk menghasilkan tenaga dan menggerakkan roda.