Indonesia jadi negara dengan jumlah motor matic yang lebih banyak daripada motor bebek. Dipilihnya motor matic ini karena nyaman dan mudah dalam menggunakannya. Makanya, banyak dipilih berbagai kalangan. Kalau dibandingin sama motor manual, motor matic tuh kemudahan paling berasa nggak perlu oper gigi atau mainin tuas kopling untuk memindahkan gigi seperti kaya motor-motor kopling. Gampang banget, kan?
Tapi, walaupun gampang dalam penggunaannya, mesin matic juga punya komponen penting yang harus dirawat, lho! Beberapa komponen di motor matic harus bener-bener diperhatiin. Salah satunya Kampas ganda. Punya fungsi buat nahan dan neken mangkok kopling yang ada di cvt, sehingga tenaga mesin bisa diterusin ke roda belakang.
Kalau kampas ganda ini sudah aus, proses transfer tenaga dari mesin ke roda belakang nggak bisa dilakuin secara optimal. Nantinya, walaupun kamu udah tarik tuas gas semaksimal mungkin, tenaga yang dihasilkan pasti nggak bakal maksimal.
Ini Dampak Dari Kampas Ganda yang Mulai Aus!
Sebelum kampas ganda aus, ada beberapa gejala yang bisa kamu rasain dari kendaraanmu.Biasanya bisa dilihat dari getaran yang timbul dari kampas ganda yang bikin putaran roda belakang jadi gak seimbang.
Selain itu, ada suara gesekan pas akselerasi atau mulai melaju pada putaran mesin bagian bawah tuh jadi gejala lain kalau kampas ganda yang sudah aus. Terakhir, cara lainnya buat deteksi kampas ganda sudah aus atau belum yaitu mesin tiba-tiba mati pas lagi menyalip ataupun berkendara di jalanan yang menanjak.
Usia Motor
Faktor utama yang sulit dibohongi adalah usia motor. Setiap komponen yang ada di motor punya umurnya dan perlu diganti secara berkala. Kondisi komponen ini bakal mempengaruhi penurunan performa yang juga bisa terjadi di semua sistem kendaraan baik di mesin, suspensi, rem atau bahkan transmisinya.
Jarang Servis
Servis secara berkala motor kamu adalah hal yang penting untuk menjaga performa dari kendaraan itu. Servis nggak cuma fokus pada mesin kendaraannya, tapi juga sistem transmisi juga perlu dilakukan servis rutin. Motor yang jarang diservis pastinya akan meningkatkan resiko masalah pada sistem kendaraan, terutama di bagian kampas gandanya.
Intensitas Pemakaian Kendaraan
Kampas ganda akan selalu bekerja dengan cara bergesekan pas kendaraan melaju. Semakin kendaraan sering digunakan maka ada kemungkinan kampas ganda menjadi aus karena gesekan jadi makin sering terjadi. Hal ini yang bikin panas dan lama-lama bikin ketebalan kampas ganda di motor itu berkurang dan kampas ganda jadi cepat aus.
Tips Kampas Ganda Supaya Nggak Cepat Aus
Ketiga penyebab di atas bisa diminimalisir supaya kampas ganda motor kamu nggak cepet aus. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakuin, yaitu:
1. Lakuin servis cvt biar tau keadaan kampas ganda motor
2. Jangan terlalu sering bikin posisi gas dalam keadaan tinggi
3. Kurangi aktivitas berkendara yang terlalu berat
4. Lakuin perawatan rutin motor kamu
Servis rutin emang jadi cara biar kampas ganda kamu nggak cepat aus. Jangan sampai menyepelekan keadaan sekecil apa pun di motor kamu, ya! Karena keadaan yang ditunda-tunda bisa bikin motor kamu harus melakukan servis besar-besaran dan mengganggu keamanan berkendara.